Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Studi Kasus Sistem Informasi Akuntansi

Permasalahan yang terjadi pada perusahaan XYZ:

PT XYZ adalah perusahaan ritel yang menghadapi masalah dengan sistem informasi akuntansi mereka. Sistem yang mereka gunakan tidak terintegrasi dengan baik, menyebabkan kesulitan dalam penelusuran transaksi, pemantauan persediaan, dan penyusunan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu. Perusahaan ini mulai kehilangan kepercayaan dari para pelanggan dan investor karena ketidakmampuan memberikan informasi keuangan yang bisa dipercaya.

Berdasarkan permasalahan diatas muncul beberapa pertanyaan yang kalian dapat jelaskan dari permasalahan tersebut. Berikan pemikiran dan ulasan anda terkait pertanyaan dibawah ini. 

  1. Berdasarkan studi kasus di atas, apa yang menurutmu menjadi penyebab utama masalah sistem informasi akuntansi yang dihadapi oleh PT. XYZ?
  2. Bagaimana kamu akan mendekati perusahaan tersebut untuk mengidentifikasi kelemahan sistem informasi akuntansinya?
  3. Apa strategi yang dapat diusulkan untuk memperbaiki sistem informasi akuntansi PT. XYZ agar dapat memenuhi kebutuhan operasional dan pelaporan keuangan perusahaan dengan lebih baik?
  4. Bagaimana kamu akan mengukur keberhasilan implementasi perubahan dalam sistem informasi akuntansi di PT. XYZ?
  5. Mengapa sistem informasi akuntansi yang baik sangat penting bagi keberlanjutan operasional dan pertumbuhan bisnis suatu perusahaan?