Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topik dan Metode Penelitian Akuntansi

Agar membantu mahasiswa menemukan bacaan dan topik yang cocok, saya akan mencoba menjelaskan topik dari bidang akuntansi. Topik skripsi dalam akuntansi dapat bervariasi. Pada bagian ini ingin berbagi tema skripsii dengan kombinasi metode akuntansi dan penelitian yang digunakan. kami mengikuti model klasifikasi berdasarkan studi oleh Coyne et al., 2010. Untuk perincian berdasarkan area akuntansi, saya membaginya menjadi enam area, sebagai berikut:

1. Sistem informasi akuntansi;

Pertanyaan yang terkait dengan sistem dan pengguna sistem dalam mengumpulkan, menyimpan, dan menghasilkan informasi akuntansi termasuk dalam ruang lingkup bidang ini. Pengguna sistem secara luas didefinisikan termasuk mereka yang terlibat dalam proses pengumpulan, penyimpanan, dan produksi informasi akuntansi, atau bahkan dalam penggunaan dan implementasi sistem informasi. Sistem yang dimaksud dapat berupa sistem elektronik atau manual.

2. Audit;

Kategori ini mencakup topik yang berkaitan dengan audit. Topiknya sangat luas dan berkisar dari lingkungan audit (auditor eksternal vs. internal), pengambilan keputusan auditor, independensi auditor, pengaruh audit terhadap proses akuntansi, hingga biaya audit.

3. Akuntansi keuangan (AK);

Termasuk penelitian akuntansi keuangan, pasar keuangan dan pengambilan keputusan berdasarkan informasi akuntansi keuangan.

4. Akuntansi Manajemen (AM);

Kajian ini membahas topik-topik seperti anggaran, remunerasi/gaji, insentif, pengambilan keputusan di perusahaan dan alokasi sumber daya di perusahaan.

5. Perpajakan;

Studi yang berkaitan dengan pengambilan keputusan wajib pajak, distribusi pajak, perhitungan pajak, persiapan proses akuntansi untuk perencanaan pajak, insentif pajak atau reaksi investor terhadap pengembalian pajak.

6. Masalah lainnya;

Topik lain mengacu pada topik yang tidak termasuk dalam 5 kategori di atas, seperti: akuntansi pendidikan, akuntansi dan hukum, profesi akuntansi, sejarah akuntansi, psikologi, lingkungan kerja dan lainnya.

Untuk klasifikasi menurut metode penelitian yang digunakan,  klasifikasinya dapat dibagi lagi sebagai berikut (Oler et al., 2010):

1. Data yang diarsipkan;

Kajian yang didasarkan pada model penelitian dengan menggunakan data historis berupa harga saham, data akhir tahun, atau informasi keuangan lainnya.

2. Eksperimen;

Studi dengan orang-orang sebagai subjek utama kemudian dipecah menjaditreatment yang berbeda. Misalnya, kelompok mahasiswa yang mendapat kuliah etika versus kelompok mahasiswa yang tidak mendapatkan etika, dan reaksi dua kelompok mahasiswa terhadap kasus fraud.

3. studi lapangan;

Penelitian ini menggunakan model observasi langsung seperti kunjungan perusahaan, wawancara. Studi-studi ini biasanya memiliki sampel yang kecil (bahkan hanya satu perusahaan) tetapi memiliki kedalaman informasi yang lebih detail.

4. survei;

Penelitian dengan model mengumpulkan informasi dari orang-orang tanpa harus membaginya menjadi beberapa kelompok perlakuan.

5. Review

Model penelitian ini tidak menghasilkan data baru, tetapi hanya mengumpulkan, meninjau dan mensintesis hasil penelitian yang ada;

6. Teori analitis;

Penelitian menggunakan model analitik (misalnya model matematika) dengan bukti, lemma, dll.

Perlu juga dicatat bahwa topik kategori nomor 6 adalah metode penelitian lanjutan yang dirancang untuk setidaknya mahasiswa pascasarjana. Untuk mahasiswa sarjana (S1), Anda dapat fokus pada nomor kategori 1-5