CARA PENDAFTARAN PPS PEMILU 2024 PADA APLIKASI SIAKBA

Cara Pendaftaran PPS Pemilu Tahun 2024, pada aplikasi SIAKBA~ Panitia Pemungutan Suara (PPS), pendaftaran mengunakan aplikasi SIAKBA mulai dibuka pada hari ini 18 Desember 2022. Dengan dibukanya pendaftaran ini artinya memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk turut serta mensukseskan pemilu 2024 dengan berperan sebagai anggota PPS pada desa atau kelurahan masing-masing.

Perlu diketahui bahwa Badan Adhoc adalah anggota dan sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan, anggota dan sekretariat Panitia Pemungutan Suara, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, Panitia Pemilihan Luar Negeri, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih/Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih Luar Negeri dan Petugas Ketertiban Tempat Pemungutan Suara dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan. Panitia Pemilihan Kecamatan  adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk melaksanakan Pemilu dan Pemilihan di tingkat kecamatan atau yang disebut dengan nama lain. Sementara  Panitia Pemungutan Suara  adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan di tingkat kelurahan/desa atau yang disebut dengan nama lain.

Pada Pemilu dan Pemilihan (Pilkada) sebelumnya, pendaftaran badan adhoc  dilakukan secara manual. Proses pendaftaran masih dilakukan secara tatap muka, datang ke titik pendaftaran baru dilayani. Kali ini pendaftaran badan adhoc di jajaran KPU pada Pemilu 2024 ini  akan dilakukan secara online direncanakan  menggunakan SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc).  Yakni aplikasi berbasis website  yang membantu proses dalam administrasi  anggota KPU dan badan adhoc.

"Berbeda dari sebelumnya, untuk pendaftaran badan adhoc PPK dan PPS Pemilu 2024 secara online mengunakan aplikasi SIAKBA.

SIAKBA digunakan untuk pendaftaran mandiri calon anggota PPK dan PPS  dengan mengisi data pendaftaran dan mengunggah persyaratan secara digital. Artinya siapapun calon yang berminat harus buat akun SIAKBA untuk melakukan apply dokumen SIAKBA sendiri dapat dioperasikan oleh penguna yang telah terdaftar dalam sistim dan dapat juga bagi yang tidak terdaftar secara terbatas.

Pemanfaatan teknologi informasi  melalui SIAKBA ini  menjadi program prioritas KPU dalam menyiapkan database penyelenggara, diharapkan  lebih  memudahkan dalam merekrut anggota PPK dan PPS yang kompeten.

Sebelum anda mendaftarka diri ada baiknya anda menyiapkan alamat email yang aktif (pastikan anda bisa login ke email tersebut) dan siapkan NIK anda. Data email dan NIK dipergunakan pada saat membuat /registrasi akun pada aplikasi SIAKBA.

Adapun cara mendaftarnya sebagai berikut:

  1. Pertama, mengunjungi situs: https://siakba.kpu.go.id , pendaftar membuat akun SIAKBA dengan memasukkan  nama, email, NIK, password;
  2. Kedua, melakukan aktivasi akun SIAKBA melalui link yang telah dikirimkan melalui email;
  3. Ketiga,Silahkan masuk/Login  ke SIAKBA ;
  4. Keempat, Mengisi data diri;
  5. Kelima, Memilih seleksi dan mengunggah dokumen;
  6. Keenam, Cek kelengkapan dokumen, disini pelamar mengecek pemeriksaan kelengkapan berkas yang diterima oleh KPU dengan ketentuan :  apabila lengkap maka pelamar akan menerima  tanda terima melalui email. Apalagila tidak lengkap, pelamar akan menerima pemberitahuan melalui email untuk melengkapi berkas sampai dengan batas waktu pendaftaran berakhir;
  7. Ketujuh, Cek hasil verifikasi administrasi. Pelamar mengecek hasil verifikasi administrasi keabsahan berkas . Apabila memenuhi syarat (MS) maka pelamar dinyatakan lulus tahap verifikasi adminitrasi; apabila tidak memenuhi syarat (TMS) maka pelamar dinyatakan tidak lulus;
  8. Kedelapan, Cek hasil tes tertulis. Pelamar mengecek hasil seleksi tes tertulis;
  9. Kesembilan, Cek hasil wawancara. Pelamar mengecek hasil wawancara;
  10. Kesepuluh,Cek hasi seleksi.Pelamar mengecek hasil seleksi. 

Semoga dengan adanya Cara Pendaftaran PPS Pemilu Tahun 2024, pada aplikasi SIAKBA dapat dijadikan panduan dalam mendaftar sebagai anggota PPS pada pemilu 2024 dan memberikan  manfaat bagi kita semua.