Cara Memperbaiki Head Epson L3110, L3150, L1110 Hasil Bergaris

Hai sobat kali ini kami akan membahas tentang print head pada printer epson hasil tidak keluar ataupun hasil bergaris, kasus seperti ini biasanya orang bilang hasil putus-putus, Cara test yang paling mudah adalah dengan melakukan cetak nozle pada drive di perangkat komputer/laptop kalian, Driver bisa anda Download melalui Link berikut ini Klik disini untuk mendapatkan Driver Epson L3110.
Selanjutnya karena harga print head sangat mahal, jika ada masalah pada hasil cetak lebih baik melakukan service pada print head terlebih dahulu, jika kerusakan tidak begitu parah biasanya masih tertolong dengan teknik dan peralatan yang tepat.

contoh nozzle check

Nozzle check yang tidak bagus ada pada hasil cetak print yang hasil nya berlubang/putus-putus. Jika hasil print tidak bagus Anda dapat service print head kalian, sebelum anda melepaskan head printer anda harus mempersipakan dan melakukan hal-hal sebgai berikut:
  1. Pikiran harus tenang dan jangan terburu-buru, karena service head membutuhkan kesabaran yang tinggi, sering tidak selesai dalam waktu singkat(kurang dari satu jam), Bahkan ada yang memerlukan waktu 3hari agar print head berhasil di service
  2. Tinta wajib menggunakan yang berkualitas dan bagus, entah dari produk Epson resmi atau merek lainya, karena percuma jika kalian melakukan service tetapi menggunakan tinta yang kualitas nya rendah(KW/PALSU)
  3. Membutuhkan Spuit suntikan dan Sedotan yang berguna menyedot tinta yang tersumbat pada head kalian berikut gambar nya:

    Spluit+selang
  4. Cairan cleaner yang bagus hal ini sangat menentukan keberhasilan service print head anda, Cleaner yang ampuh amat cepat menghilangkan kerak gumpalan tinta yang macet di dalam print head kalian, kecepatan dalam dalam memecahkan gumpalan kerak juga dapat memperkecil kemungkinan head terjadi konslet/short 
  5. Cairan air mineral atau galon yang terbiasa untuk minum.Kenapa?karena air nya sudah jernih dari kotoran dan zat-zat yang mengakibatkan korosi.
    Jangan menggunakan air Sumur atau PDAM karena beresiko head menjadi mampet total karena korosi/kotoran dari air tersebut.
Setelah persiapan dari atas sudah selesai, kita dapat membongkar printer kita